Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarokatuhu
Semangat pagi semuanya!!
Bagaimana kabar kalian? Semoga senantiasa dalam lindungan Allah
Subhanahu Wa Ta'ala.
Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan pembelajaran pada bab
1, Alquran dan hadis sebagai pedoman hidup. Ayo kita mulai
pembelajaran!
š Tujuan Pembelajaran
Pada pertemuan kali ini, peserta didik diharapkan dapat:
- Menjelaskan kandungan QS. an-NisÄ’/4: 59 dan QS. an-Naįø„l/16: 64.
- Menjelaskan fungsi hadis terhadap Al-Qur’an.
- Menunjukkan perilaku semangat mendalami Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan sehari-hari.
š¬Video
Simak video penjelasan berikut ini :
š Ringkasan
1. Kandungan QS. An-Nisa’/4: 59
"Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan ulil amri di antara kamu."
- Pesan utama: Ketaatan adalah pondasi umat Islam dalam beragama, dimulai dari Allah, Rasul-Nya, dan pemimpin (ulil amri).
- Makna kontekstual: Ketaatan terhadap aturan dan pemimpin adalah bagian dari ibadah selama tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Sunnah.
2. Kandungan QS. An-Nahl/16: 64
"Dan Kami tidak menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu, melainkan agar kamu menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan."
- Pesan utama: Al-Qur’an berfungsi sebagai penjelas atas perselisihan dan petunjuk menuju kebenaran.
- Makna kontekstual: Al-Qur’an adalah solusi bagi masalah manusia sepanjang zaman, melalui bimbingan Nabi Muhammad saw.
3. Fungsi Hadis terhadap Al-Qur’an
- BayÄn al-TaqrÄ«r : menetapkan dan memperkuat apa yang telah diterangkan di dalam Al-Qur’an
- BayÄn al-TafsÄ«r : penjelasan terhadap ayat-ayat yang memerlukan perincian atau penjelasan lebih lanjut
- BayÄn al-Tasyri’ : memberikan kepastian hukum Islam yang tidak ada di Al-Qur’an
- BayÄn al-Nasakh : membatalkan ketentuan terdahulu, sebab ketentuan yang baru dianggap lebih maslahat.
4. Meneladani Semangat Memahami Al-Qur’an dan Hadis
- Membiasakan membaca dan mengkaji Al-Qur’an dan hadis setiap hari.
- Menjadi pelajar yang tekun dan cinta ilmu.
- Aktif bertanya kepada guru dan mencari makna ayat melalui tafsir.
š Refleksi Diri
“Bagaimana saya bisa mencerminkan semangat mempelajari Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan sehari-hari?”
šÆ Penugasan
Isi Google Form di bagian bawah halaman ini
š Kegiatan di Kelas
Untuk pembelajaran di kelas, kita akan membuat MindMap mengenai Fungsi Al-Qur'an dan Hadits sebagai pedoman hidup. maka persiapkan beberapa hal berikut ini untuk dibawa ke sekolah :
✅ Karton
✅ Spidol
š Penutup
Semoga pembelajaran ini membuat kita menjadi generasi Qur’ani yang
dicintai Allah dan RasulNya.
Jangan lupa, Semangat belajar ya!
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.